UDACODING

Posts

Fun With Kotlin How To Migrate To Androidx

1*qc-DG1LlDVeBHPSCxRNj3A Fun With Kotlin How To Migrate To Androidx

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hallo sobat Fun Kotlin semangat pagi pada kesempatan kali ini saya akan update postingan bagaimana Cara memigrasikan project kita kedalam androidx, kenapa sih harus androidx karena androidx ini telah tersupport library baru yaitu android jetpack jadi bagi kalian yang ingin menggunakan android jetpack maka kalian diharuskan untuk bermigrasi kedalam androidx

1*jiRl4XRUajuJ43RXVAVJlQ Fun With Kotlin How To Migrate To Androidx

Ringkasan AndroidX

AndroidX adalah project open source yang digunakan oleh tim Android untuk mengembangkan, menguji, mengemas, membuat versi, dan merilis library di dalam Jetpack.

AndroidX merupakan peningkatan besar dari Android Support Library asli. Sama seperti Support Library, AndroidX dikirim terpisah dari Android OS dan menyediakan kompatibilitas dengan versi sebelumnya di seluruh rilis Android. AndroidX menggantikan sepenuhnya Support Library dengan menyediakan paritas fitur dan sejumlah library baru. Selain itu, AndroidX menyertakan fitur berikut:

  • Semua paket di AndroidX berada di namespace yang konsisten, yang dimulai dengan string androidx. Paket Support Library telah dipetakan ke dalam paket androidx.* yang terkait. Untuk pemetaan penuh atas semua class dan artefak build lama ke yang baru, lihat halaman Pemfaktoran Ulang Paket.
  • Tidak seperti Support Library, paket AndroidX dikelola dan diupdate secara terpisah. Paket androidx menggunakan Pembuatan Versi Semantik yang ketat, yang dimulai dengan versi 1.0.0. Anda dapat mengupdate library AndroidX di project Anda secara independen.
  • Semua pengembangan Support Library baru akan terjadi di library AndroidX. Ini mencakup pemeliharaan artefak Support Library asli dan pengenalan komponen Jetpack baru.

Cara Untuk Bermigrasi AndroidX Yaitu Ada Dua Cara :

1. Cara Pertama :

Jika ingin menggunakan AndroidX dalam project baru, Anda perlu menetapkan SDK kompilasi ke Android 9.0 (API level 28) atau yang lebih tinggi, dan menetapkan kedua flag Android Gradle Plugin berikut ke true dalam file gradle.properties Anda.

  • android.useAndroidX: Jika ditetapkan ke true, plugin Android akan menggunakan library AndroidX yang sesuai, bukan Support Library. Flag ini secara default ditetapkan ke false, jika tidak ditentukan.
  • android.enableJetifier: Jika ditetapkan ke true, plugin Android otomatis memigrasikan library pihak ketiga yang ada untuk menggunakan AndroidX dengan menulis ulang binernya. Flag ini secara default ditetapkan ke false, jika tidak ditentukan.
1*wdY2sGDt-dzfSl0WBRA1_g Fun With Kotlin How To Migrate To Androidx

2. Cara Kedua

Dengan menggunakan menu pada toolbar yaitu menu refactor kita click menu tersebut lalu akan muncul opsi seperti dibawah ini lalu kita pilih migrate to androidx

1*qY4UXAXGLhCcj1z8Te5etg Fun With Kotlin How To Migrate To Androidx

Leave a Reply :

* Your email address will not be published.